Kamis, 06 Januari 2011

Opera 10.63





Sekitar tahun 1992, Jon Stephenson von Tetzchner dan Geir Ivarsey yang merupakan bagian dari sebuah grup riset di Televerket (sebuah perusahaan telepon asal Norwegia yang sekarang bernama Telenor). Grup tersebut mengambil peranan dalam mengembangkan ODA (Open Document Architecture), yaitu sebuah standar sistem penyimpanan dan pengambilan dokumen, gambar, dan yang lainnya. Grup ini juga mendirikan server Internet pertama di Norwegia dan home page di tahun 1993. Tapi mereka merasa bahwa browser yang mereka gunakan, yaitu Mosaic, mempunyai struktur yang biasa-biasa saja untuk digunakan secara efektif pada saat bowsing.

Oleh karena itu, grup ini akhirnya tergerak untuk membuat sebuah web browser yang baru dari awal, kemudian dikembangkan kembali pada tahun 1994. Diinspirasikan oleh proyek ODA tadi, mereka melihat suatu pasar yang potensial untuk membangun sebuah browser yang bisa beradaptasi dengan segala macam struktur web. Di akhir tahun 1995, Televerket berubah namanya menjadi Telenor, dan di situlah perusahaan Opera Software dibangun. Produk mereka kemudian diberi nama MultiTorg Opera dan dengan secara cepat digunakan oleh komunitas Internet pada saat itu karena fitur Multiple Document Interface dan sidebar-nya yang membuat browsing beberapa halaman secara sekaligus menjadi lebih mudah.

Opera telah memelopori banyak fitur yang kemudian ditiru oleh browser lainnya. Contohnya, Opera adalah browser pertama yang mengintegrasikan gerakan mouse (mouse gesture) sebagai cara yang mudah untuk navigasi situs. Opera juga memiliki beberapa fitur orisinil, termasuk loading halaman di background, notes, penggantian skin, session management, dan lain-lain. Selanjutnya Opera menjadi lebih terkenal dan sedikit "nakal" karena Multiple Document Interface yang bisa dibilang mendobrak tradisi web browser yang telah ada.

Saat ini Opera mempunyai 1,41% persentase pengguna di pasar browser. Alasan pengguna memilih Opera adalah karena Opera dianggap ringan dan cepat dibandingkan browser yang lainnya. Opera sangat terkenal saat ini, selain karena unik dan penuh fungsi daripada browser lain, juga berkat komunitas-komunitas yang tetap setia mempertahankan dan memakai Opera untuk berselancar di Internet.

Selain dalam bentuk browser web, Opera juga hadir dalam bentuk mobile yang bisa dijalankan di telepon genggam atau PDA. Salah satu produk andalannya, yaitu Opera Mini yang berplatform Java diperuntukkan untuk semua telepon genggam berplatform lava.

ile installer Opera juga telah tersedia pada folder Browser, silakan Anda instal seperti biasa. Apabila Anda ingin melihat dan men-download versi terbaru dari Opera jika ada, silakan langsung meluncur menuju situs resminya http://www.opera.com.





DOWNLOAD SOFTWARE FREE
Join 4Shared Now!


0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes